Cara Ternak Kroto Toples

Ternak semut kroto merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Meski terlihat kecil, namun ternyata semut kroto memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Bagi mereka yang ingin mencoba beternak semut kroto, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui.

Apa Itu Semut Kroto?

Semut kroto merupakan sejenis semut dengan ukuran yang sangat kecil. Mereka biasanya hidup di dalam lubang pohon atau di tempat-tempat yang lembab. Namun, semut kroto bisa juga diternakkan dalam skala kecil.

Gambar Ternak Kroto

Jenis-jenis Semut Kroto

Ada beberapa jenis semut kroto yang biasa diternakan, antara lain:

  • Semut kroto hitam: jenis semut kroto yang paling banyak diternakkan. Mereka memiliki ukuran yang kecil dan warna hitam pekat.
  • Semut kroto merah: jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan semut kroto hitam dan biasanya hidup di tempat-tempat yang lebih terbuka.
  • Semut kroto kuning: jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan semut kroto hitam dan biasanya hidup di tempat yang lebih terbuka. Mereka memiliki warna tubuh kuning kecoklatan.

Mengapa Ternak Semut Kroto?

Ada beberapa alasan mengapa beternak semut kroto bisa menjadi pilihan yang menjanjikan, antara lain:

  • Tidak memerlukan banyak modal: beternak semut kroto tidak memerlukan modal yang besar. Kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas seperti toples atau drum untuk tempat perkembangbiakan koloni semut kroto.
  • Mudah dikelola: beternak semut kroto cukup mudah dikelola dan tidak memerlukan perawatan khusus.
  • Pasar yang cukup luas: semut kroto memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Pasar semut kroto cukup luas karena banyak digunakan untuk makanan ikan dan burung kicau.
See also  Cara Ternak Cacing Tanah

Keuntungan dari Ternak Semut Kroto

Ternak semut kroto bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Berikut ini adalah beberapa keuntungannya:

  • Mudah dipelihara: semut kroto cukup mudah dipelihara dan tidak memerlukan perawatan khusus.
  • Produktif: satu koloni semut kroto biasanya mampu menghasilkan 5-10 kg setiap bulannya.
  • Bisa dikelola secara sampingan: ternak semut kroto bisa menjadi usaha sampingan yang cukup menguntungkan.

Alasan Berternak Semut Kroto di Toples

Banyak orang yang memilih beternak semut kroto di dalam toples. Ada beberapa alasan mengapa toples bisa menjadi tempat yang cocok untuk memelihara semut kroto, antara lain:

  • Praktis: toples merupakan tempat yang praktis dan mudah dijumpai.
  • Memudahkan pengendalian populasi: dengan beternak semut kroto di dalam toples, kita bisa lebih mudah mengendalikan populasi semut kroto.
  • Hemat tempat: beternak semut kroto di dalam toples bisa menghemat tempat karena tidak memerlukan lahan yang luas.

Langkah-Langkah Beternak Semut Kroto di Toples

Berikut ini adalah langkah-langkah beternak semut kroto di dalam toples:

  1. Menyiapkan toples: pilihlah toples yang bersih dan tidak memiliki retak. Ukuran toples yang disarankan adalah diameter 20-25 cm.
  2. Menyiapkan bibit semut kroto: bibit semut kroto bisa didapatkan dari kolektor atau peternak semut kroto lainnya. Pastikan bibit semut kroto yang akan diberikan sudah cukup dewasa.
  3. Menyiapkan media: media untuk beternak semut kroto bisa berupa campuran sekam dengan dedak atau campuran sekam dengan arang kayu. Pastikan media sudah cukup basah.
  4. Membuat sarang: buatlah sarang di dalam toples dengan menambahkan media yang sudah dibasahi dan bibit semut kroto.
  5. Menjaga kelembaban lingkungan: pastikan lingkungan di sekitar toples selalu lembab. Hal ini sangat penting untuk perkembangan koloni semut kroto.
  6. Memberikan makanan: semut kroto bisa diberikan pakan berupa nasi ketan atau tepung beras yang sudah diberi gula.
See also  Cara Beternak Ayam Kampung

Tips Beternak Semut Kroto di Toples

Berikut ini adalah beberapa tips beternak semut kroto di dalam toples yang bisa dilakukan:

  • Menjaga kelembaban lingkungan: pastikan lingkungan sekitar toples selalu lembab.
  • Menghindari cahaya matahari langsung: hindari toples dari sinar matahari langsung karena hal ini bisa membuat media yang ada di dalamnya kering.
  • Menjaga kebersihan toples: toples harus selalu dalam keadaan bersih dan terjaga kebersihannya. Hal ini sangat penting untuk mencegah pertumbuhan jamur dan penyakit pada semut kroto.

Jadi, beternak semut kroto bisa menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan. Dengan modal yang tidak terlalu besar dan perawatan yang mudah, kita bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dalam waktu yang relatif singkat. Kita juga bisa beternak semut kroto di dalam toples dengan langkah-langkah yang cukup sederhana. Namun, kita perlu memperhatikan faktor-faktor seperti kelembaban lingkungan dan kebersihan toples agar ternak semut kroto bisa berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *