Cara Merawat Magic Com Agar Nasi Tidak Cepat Basi

PSA: Nasi Kucing Owners, Kalian Wajib Baca Artikel Ini Sahabat Kucing Anjing

Cara Merawat Magic Com agar Nasi Tidak Cepat Basi

Hari ini aku mau share cerita tentang nasibku sebagai pemilik magic com. Kalian para owner magic com pasti nggak asing lagi dengan kejadian yang satu ini, yaitu nasinya cepat basi. Kalian pernah mengalami hal serupa?

Tapi tenang saja, aku punya beberapa tips cara merawat magic com agar nasi tidak cepat basi. Jadi, kalian bisa tetap menikmati nasi yang pulen dan lezat setiap saat.

Apa itu Magic Com?

Sebelum kita masuk ke tips cara merawat magic com, yuk kita bahas dulu apa itu magic com. Magic com adalah alat memasak nasi listrik yang populer di Indonesia. Biasanya, magic com digunakan oleh orang yang ingin memasak nasi dalam jumlah kecil, yang biasa disebut “nasi kucing”.

Mengapa Nasi Cepat Basi di Magic Com?

Sekarang kita bahas masalah utama yang sering dihadapi owner magic com yaitu, nasi cepat basi. Kenapa sih hal ini terjadi? Ini karena adanya perubahan suhu yang drastis pada magic com setelah membuat nasi, bisa jadi suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah. Selain itu, kebersihan juga jadi faktor penting dalam merawat magic com. Kalau sudah kotor atau berjamur, bisa jadi itu juga jadi penyebab nasi cepat basi. Oh no, nasi kita jadi tidak enak dimakan.

See also  Cara Merawat Rambut Agar Cepat Panjang Dan Tidak Bercabang

Jenis-Jenis Magic Com

Ada beberapa jenis magic com yang bisa kita beli di pasaran, di antaranya:

  1. Magic com standar dengan kapasitas 3-4 cup
  2. Magic com dengan kapasitas 6 cup
  3. Magic com ukuran besar dengan kapasitas lebih dari 10 cup
  4. Magic com dengan fungsi memasak lainnya, seperti memasak bubur, uduk, dan sebagainya

Cara Kerja Magic Com

Magic com bekerja dengan menggunakan prinsip pemanasan listrik dan tekanan uap air yang terkunci dalam wadah tertutup. Ketika nasi sudah matang, magic com akan mengubah suhu dari suhu memasak ke suhu “warm” yang bertujuan untuk menjaga nasi tetap hangat.

Keuntungan Memiliki Magic Com

Memiliki magic com banyak keuntungannya loh. Selain karena ukurannya yang kecil dan mudah untuk disimpan di dapur, dengan menggunakan magic com kita bisa juga memasak nasi tanpa terlalu banyak tenaga atau waktu. Dan kita bisa menghemat energi listrik jika memasak nasi menggunakan magic com.

Manfaat Memasak Nasi dengan Magic Com

Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika memasak nasi dengan magic com, di antaranya:

  1. Mudah dan praktis
  2. Hemat waktu dan tenaga
  3. Hemat energi listrik
  4. Nasi lebih matang merata dan lezat
  5. Memiliki ukuran yang kecil sehingga mudah disimpan

Nah, sekarang sudah paham kan apa itu magic com dan kenapa nasi cepat basi di magic com? Agar nasi kita tetap pulen dan lezat ketika dimakan, berikut ini ada beberapa tips cara merawat magic com agar nasi tidak cepat basi yang bisa kalian ikuti:

“Ingat, magic com bukan cangkir yang bisa kalian lempar begitu saja ketika sudah kotor. Kalian wajib merawat magic com dengan baik agar hasil nasi tidak cepat basi dan enak dimakan.”

Tips Cara Merawat Magic Com Agar Nasi Tidak Cepat Basi

1. Rutin Membersihkan Magic Com

Membersihkan magic com secara rutin adalah salah satu cara penting untuk menjaga kebersihan dan membuat nasi tidak cepat basi. Setiap kali selesai menggunakan magic com, bersihkan bagian dalam dan luar magic com dengan lap basah. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian penutupnya.

See also  Cara Merawat Doc Ayam

2. Memasak Nasi Sesuai Kapasitas

Cara merawat magic com yang kedua adalah memasak nasi sesuai dengan kapasitas magic com. Jangan memasak terlalu banyak jika kapasitasnya tidak mencukupi. Karena jika kapasitasnya terlalu banyak, magic com bisa berusaha keras memasak nasi dan suhu bisa menjadi tidak stabil sehingga nasi bisa cepat basi.

3. Menjaga Kondisi Tutup Magic Com

Selain memperhatikan kapasitas magic com, menjaga kondisi tutup magic com juga sangat penting. Pastikan tutup magic com tertutup rapat setelah dimasak agar suhu dan kelembapan dalam magic com terjaga dan nasi tidak cepat basi.

4. Jangan Membuka Tutup Magic Com Terlalu Sering

Nah, ini nih salah satu kesalahan paling sering yang dibuat oleh pemilik magic com, yaitu membuka tutup magic com terlalu sering saat nasi masih matang. Saat membuka tutup magic com, suhu dan kelembapan dalam magic com bisa berubah sehingga membuat nasi cepat basi dan tidak lezat ketika dimakan.

5. Simpan Magic Com di Tempat yang Sesuai

Saat tidak digunakan, simpan magic com di tempat yang sesuai. Tempatkan magic com di tempat yang kering dan jauh dari lantai yang basah untuk menghindari jamur. Jangan letakan magic com dalam posisi terbalik atau terlalu dekat dengan jendela atau sumber cahaya matahari langsung. Tempatkan di rak yang nyaman di dekat dapur agar mudah dijangkau ketika akan digunakan kembali.

Cara Nasi Agar Tidak Cepat Basi

Setelah mengetahui tips cara merawat magic com agar nasi tidak cepat basi, sekarang mari kita bahas juga cara memasak nasi agar tidak cepat basi. Berikut ini tipsnya:

1. Cuci Beras Sebelum Memasak

Cara pertama agar nasi tidak cepat basi adalah dengan mencuci beras sebelum dimasak. Karena beras yang belum dicuci akan mengandung kuman dan kotoran yang bisa menyebabkan nasi cepat basi. Cuci beras dengan air bersih sampai airnya benar-benar bersih, kemudian tiriskan beras selama 15-20 menit.

See also  Cara Merawat Ayam Baru Menetas Agar Cepat Besar

2. Posisikan Nasi pada Alumunium Foil

Cara kedua agar nasi tidak cepat basi adalah dengan menaruh nasi pada alumunium foil. Dengan menaruh nasi pada alumunium foil, nasi akan terlindungi dari udara luar dan bisa tetap terjaga kelembapannya, sehingga tidak cepat basi.

3. Jangan Biarkan Nasi Terlalu Lama di Rice Cooker

Cara ketiga adalah jangan biarkan nasi terlalu lama di rice cooker setelah dimasak. Ketika nasi sudah matang, pindahkan nasi ke wadah yang kedap udara, karena nasi yang tetap di dalam rice cooker bisa cepat basi dan mengurangi rasa lezat nasi.

4. Gunakan Garam Secukupnya

Cara keempat adalah gunakan garam secukupnya ketika memasak nasi. Ketika terlalu banyak garam yang ditambahkan pada nasi, akan membuat nasi cepat basi dan juga mengurangi rasa lezatnya.

5. Tambahkan Air Secukupnya

Terakhir, cara agar nasi tidak cepat basi adalah dengan menambahkan air secukupnya ketika memasak nasi. Terlalu banyak air bisa membuat nasi menjadi lembek dan cepat basi.

Nah, itulah tadi beberapa tips cara merawat magic com agar nasi tidak cepat basi dan cara memasak nasi agar tidak cepat basi. Dengan tips-tips di atas, saya yakin kalian akan tetap menikmati nasi yang pulen dan lezat setiap saat.

Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat ya para owner magic com di luar sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *