Cara Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Siapa yang tidak memiliki handphone di era digital seperti sekarang ini? Handphone menjadi salah satu benda yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Untuk itu, penting mengetahui cara merawat handphone agar tidak cepat rusak. Berikut adalah 5 tips cara merawat handphone secara benar:

1. Lindungi dari Benda Tajam

Salah satu penyebab kerusakan pada handphone adalah karena terkena benda tajam seperti pisau, jarum, atau benda yang memiliki permukaan kasar. Untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan, Anda sebaiknya membeli casing atau pelindung layar untuk handphone Anda.

Cara merawat HP agar awet dan tidak cepat rusak

Apa itu pelindung layar dan casing?

Pelindung layar adalah film tipis yang ditempelkan di atas layar untuk melindungi dari goresan atau benturan. Casing, di sisi lain, adalah sarung plastik atau karet yang diletakkan di sekitar handphone untuk memberikan perlindungan tambahan dan mengurangi risiko kerusakan.

Mengapa kita perlu melindungi handphone kita?

Selain benda tajam, handphone juga rentan terkena benda keras lainnya seperti jatuh atau terkena air. Mencegah handphone dari kerusakan bisa menghemat biaya untuk perbaikan atau pembelian handphone baru.

2. Jauhkan dari Air

Air adalah musuh terbesar bagi handphone Anda. Jika handphone Anda terkena air, secepatnya matikan handphone tersebut dan jangan menyalakannya dalam waktu yang cukup lama. Untuk membersihkan handphone dari air, sebaiknya mengeringkannya dengan handuk atau kain lembut dan mendorongnya dengan pengering rambut pada suhu rendah.

See also  Cara Merawat Burung Anis Kembang Agar Cepat Gacor

Cara merawat HP agar tetap awet dan tidak cepat rusak

Apa yang harus dilakukan jika handphone terkena air?

Saat handphone terkena air, pertama-tama matikan handphone dengan segera untuk mencegah kerusakan yang lebih lanjut. Kemudian, hilangkan baterai dan SIM card dari handphone jika memungkinkan. Jangan mencoba menyalakan handphone. Sebaiknya, membawa handphone ke tempat reparasi atau toko ponsel terdekat.

Jenis-jenis air yang dapat merusak handphone

Ada 2 jenis air yang berbahaya bagi handphone. Pertama adalah air asin seperti air laut atau air kencing. Kedua adalah air yang tercemar oleh bahan kimia seperti cairan pembersih.

3. Jangan Memaksa Memasang Aksesoris

Sebaiknya jangan memasang aksesoris yang tidak cocok untuk handphone Anda. Terkadang, terlalu memaksa untuk menggunakan aksesoris yang tidak cocok justru dapat merusak port atau konektor pada handphone.

Cara merawat handphone agar tidak cepat rusak

Cara kerja port dan konektor pada handphone

Port adalah interface yang digunakan untuk menghubungkan handphone dengan device lain seperti charger, headset, atau kabel data. Konektor, di sisi lain, adalah jalur yang menghubungkan port dengan sirkuit handphone. Jika salah memasang aksesoris, maka port atau konektor dapat terganggu dan merusak handphone.

Keuntungan menggunakan aksesoris resmi

Aksesoris resmi biasanya sudah dilengkapi dengan sertifikasi dan pengujian yang melewati standar keamanan dan kualitas yang ketat.

4. Jangan Terlalu Lama Menyimpan Handphone dalam Keadaan Bermuatan Penuh

Menyimpan handphone dalam keadaan baterai penuh terlalu lama, bisa menyebabkan baterai berkurang umur. Disarankan untuk mencharge handphone hingga 40% – 80% saja, kemudian lepaskan dari charger. Jangan mencoba mencharge handphone terus-menerus atau biarkan charger terhubung dengan handphone Anda terlalu lama.

11 Tips cara merawat HP agar tidak cepat rusak dan performa selalu power full

Manfaat pengisian baterai 40%-80%

Pengisian baterai hingga 40-80% disebut juga dengan istilah “shallow charging”. Ini membantu menjaga kesehatan baterai dalam jangka panjang dan memperpanjang usia baterai.

See also  Cara Merawat Anis Merah Trotolan Agar Cepat Bunyi

5. Bersihkan secara teratur

Bersihkan handphone Anda secara teratur untuk mencegah kotoran menumpuk di layar atau port. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunkan tisu yang kasar atau cairan pembersih yang berbahaya bagi komponen handphone. Sebaiknya gunakan lap microfiber yang lembut untuk membersihkan handphone.

Manfaat membersihkan handphone secara teratur

Membersihkan handphone secara teratur membantu menjaga kondisi handphone agar tetap optimal dan tidak menyebabkan korosi atau kerusakan lainnya pada komponen handphone.

Jadi, 5 tips cara merawat handphone yang benar adalah melindungi dari benda tajam, jauhkan dari air, tidak memaksa memasang aksesoris, tidak terlalu lama menyimpan handphone dalam keadaan bermuatan penuh, dan membersihkan secara teratur. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, bisa membantu handphone Anda tetap awet dan tidak cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *