Cara Merawat Derkuku Agar Cepat Gacor

Eiyy bagi kalian yang punya burung ajaib di rumah, yuk simak tips & trik supaya derkuku atau tekukur kalian jadi rajin bunyi dan cepat gacor. Siapa tahu suaranya bisa jadi pengusir galau di masa pandemi begini. Ini dia caranya!

Burung Derkuku

Tahu gaa si ape itu derkuku? Nah, jadi derkuku adalah burung yang dikenal juga dengan nama cucak rante atau dacat. Burung ini berasal dari sulawesi, tapi sekarang banyak juga loh di daerah lainnya. Derkuku dikenal sebagai burung yang mudah dilatih dan merupakan burung yang cukup mahal loh. Kalo kamu pintar merawatnya, si derkuku ini bisa jadi pundi-pundi uang nih kalo dijual hehe.

Burung Derkuku

Apa itu Derkuku

Derkuku adalah burung yang masuk ke dalam keluarga Pachycephala, yang berarti ‘kepala tebal’ dalam bahasa latin. Kepalanya memang bulat besar dengan bulu hitam lucu di bagian kupingnya. Umumnya, derkuku memiliki warna tubuh coklat keabu-abuan dengan garis-garis hitam di tubuhnya. Kalo kamu dengar suaranya, rasanya unik banget deh dan udah pasti bakal bikin kamu bahagia!

Kenapa Harus Mereka?

Kalo kamu udah pernah denger suara derkuku, rasanya bakal terpikat sama suaranya yang merdu banget. Apalagi kalo kamu bisa jadiin dia istimewa dengan buatin dia jadi burung gacor. Berikut ini manfaat buat kamu, si owner dari derkuku ini:

  • Suaranya merdu banget, bisa bikin kamu bahagia sepanjang hari
  • Karena mahal, ngejualnya bisa jadi penghasilan loh
  • Latihannya simpel dan gampang
See also  Cara Merawat Burung Kerakbasi Cepat Gacor

Jenis-Jenis Burung Derkuku

Di indonesia, derkuku umumnya dibagi menjadi 2 jenis, yaitu derkuku papua dan derkuku sulawesi. Bedanya, derkuku papua memiliki warna hitam yang menyelimuti kepala, leher, dan dada, serta warna putih pada sayapnya. Sedangkan derkuku sulawesi lebih banyak memiliki warna coklat-coklat keabuan. Tapi tenang aja, cara merawat keduanya cukup serupa kok.

Cara Merawat Derkuku

Nah sekarang udah tau kan kenapa harus bikin si derkuku rajin bunyi dan cepat gacor. Berikut ini cara merawat derkuku:

  1. Perhatikan kebersihan sangkar: kebersihan sangkar adalah yang paling penting loh. Ganti sering-sering deh kertas koran yang ada di dalam sangkar. Selain itu, jangan lupa cuci bersih sangkar 1-2 kali seminggu
  2. Beri makanan yang bervariasi: derkuku suka banget nih yang namanya voer atau beras ketan. Selain itu, kamu bisa kasih mereka ulat hongkong atau jangkrik sebagai makanan tambahan
  3. Beri jangkrik / ulat hongkong: burung derkuku itu emang predator loh! Beri mereka sesekali jangkrik atau ulat hongkong bisa nambah semangat mereka untuk berkicau hehe
  4. Letakkan sangkar di tempat yang strategis: Burung derkuku suka suasan tenang jadi letakkan sangkarnya di tempat yang agak terisolasi dari keramaian ya!
  5. Jangan lupa puasa: Rupanya ya burung derkuku juga perlu di puasa supaya semagat berbunyi mereka tetap tinggi!

Apa Keuntungan dari Burung Derkuku

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, ada beberapa keuntungan dari menggeluti dunia burung derkuku:

  • Sangat mudah di latih
  • Suara kicau yang merdu dan bikin kamu bahagia
  • Dapat menjadi sumber penghasilan

Manfaat Burung Derkuku

Manfaatnya untuk kamu sendiri sih mungkin cuma sekedar buat nemenin saat sedang galau atau suntuk kerja hehe. Tapi diliat dari kacamata kehidupan, burung derkuku membawa banyak manfaat seperti:

  • Memberi manfaat saat pandemi dimana semua di rumah aja dan bisa menjadi hiburan sekaligus pengusir galau
  • Dapat dimanfaatkan sebagai burung peliharaan yang unik atau sumber penghasilan
  • Dapat memberi manfaat dalam hal kesehatan seperti bikin bahagia hehe
See also  Cara Merawat Burung Jagal Papua

Burung Tekukur

Kalo udah pernah ngebayangin jadi peternak burung tekukur, harusnya udah milih-milih dong mau yang bakalan atau yang jantan hehe. Namun sekarang, bakalan atau jantan, kalo kamu bisa merawatnya dengan benar, burung tekukur-mu bisa menemanimu sekalian bisa nambah income juga kan hehehe. Berikut ini cara merawat dan membentuk burung tekukur agar jadi rajin bunyi dan cepat gacor.

Burung Tekukur

Apa itu Burung Tekukur

Burung tekukur adalah burung yang bentuk tubuhnya mirip burung dara namun lebih kecil. Ukurannya bervariasi tergantung jenisnya. Tekukur sering digunakan sebagai komoditas wisata burung karena mudah dijumpai di daerah tropis, termasuk indonesia. Meski pasarnya makin susah, namun kalo kamu bisa merawatnya dengan benar, tekukur bisa jadi bisnis sampingan yang menguntungkan loh.

Kenapa Harus Mereka?

Kalo kamu pernah mendengar suara tekukur, rasanya bakal betah banget deh dengerin dia berkicaunya. Nah, berikut ini alasan kenapa burung tekukur bisa jadi burung peliharaan atau bisnis sampingan yang menguntungkan:

  • Tekukur yang sukses dengan latihan yang tepat bisa ngeriup ilmu untuk menghibur dan penghibur banyak orang
  • Tekukur dikenal sebagai burung yang pintar, daya ingatannya kuat
  • Bisnis sampingan yang menguntungkan apalagi kalau kamu udah pinter merawatnya

Jenis-Jenis Burung Tekukur

Dari segi jenis, tekukur dibagi menjadi beberapa jenis yaitu tekukur gagak, tekukur putih, tekukur jawa, tekukur biasa, tekukur linau, tekukur laut, dan masih banyak lagi. Disini, kita fokus ke jenis tekukur yang sering dijadikan burung peliharaan dan melatihnya jadi burung gacor yaitu tekukur jawa dan tekukur biasa.

Cara Merawat Burung Tekukur

Untuk merawat burung tekukur tentunya butuh ketelitian yang lebih agar dia bisa menjadi burung gacor dengan suara yang merdu. Berikut beberapa tips merawat burung tekukur:

  1. Kebersihan sangkar: ini penting banget agar dia tetap sehat. Bersihkan tempat makannya dan jangan lupa ganti kertas korannya juga ya.
  2. Beri makanan yang sehat: burung tekukur suka berbagai menu makanan seperti jagung putih, jagung manis, kacang tanah, kedelai dan buah naga. Kamu juga bisa kasih sayuran dan buah-buahan ya
  3. Latihan teratur: burung tekukur membutuhkan latihan fisik seperti pemandangan alam. Dalam hal ini bisa kamu letakkan sangkarnya di halaman atau tepatnya disekitar taman atau di halaman rumah kamu juga bisa melakukan latihan teratur agar dia cepat gacor.
  4. Jangan lupa puasa: burung tekukur juga butuh di puasa kok. tujuannya supaya semangat berkicaunya tetap berkualitas baik.
See also  Cara Merawat Burung Jalak Kebo Lagi Mabung

Apa Keuntungan dari Burung Tekukur

Berikut ini beberapa keuntungan merawat burung tekukur:

  • Menjadi burung peliharaan yang lucu dan pintar
  • Latihannya nggak ribet, persiapannya pun terjangkau
  • Bisa jadi penghasilan sampingan

Manfaat Burung Tekukur

Berikut ini beberapa manfaat dari merawat burung tekukur:

  • Bisa jadi obat penghilang stress dan meningkatkan suasana hati
  • Bisa jadi sumber penghasilan karena bisa jadi burung peliharaan yang dicari-cari
  • Latihannya mudah, tidak terlalu banyak macam2 letak datangnya latihan

Catatan Akhir

Nah itu dia tips & trik agar burung tekukur dan derkuku kamu jadi rajin bunyi dan cepat gacor. Selain untuk dijual, kamu juga bisa kok membeli burung-burung ini untuk jadi hiburan saat sedang galau di masa pandemi begini. Ingat ya, jika kita merawatnya dengan baik, bukan hanya kita yang untung, tapi burung-burung kecil kita juga punya kehidupan yang lebih baik hehe. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *