Cara Merawat Burung Srigunting

Burung srigunting, si cantik yang sering terdengar berkicau di pepohonan. Mengapa burung ini sangat terkenal dan diminati sebagai salah satu burung peliharaan? Ada apa dibalik kicauannya yang merdu?

Ciri-ciri Burung Srigunting

Burung Srigunting

Burung srigunting mempunyai ukuran tubuh yang kecil, bulunya kecoklatan dengan corak hitam dan putih yang tidak terlalu mencolok. Jika dilihat dari kejauhan, burung srigunting terlihat seperti burung gereja, tapi jika diamati lebih dekat, bulunya terlihat lebih lebat dan muda. Sayap burung srigunting juga memiliki panjang sekitar 6-7 cm.

Jenis-Jenis Burung Srigunting

Jenis Burung Srigunting

Terdapat enam jenis burung srigunting di Indonesia, yaitu srigunting kelabu (Lonchura malacca), srigunting hitam (Lonchura Stygia), srigunting batak (Lonchura punctulata), srigunting gunung (Lonchura caniceps), srigunting kerbau (Lonchura leucogastroides) dan srigunting kristal (Lonchura punctulata).

Apa itu Burung Srigunting?

Apa itu Burung Srigunting

Burung Srigunting adalah Burung kecil pengicau dengan ukuran tubuh yang mungil, burung ini memiliki kicauan yang merdu dan mudah dijaga sebagai burung peliharaan. Burung srigunting juga sering ditemukan di daerah perkotaan dan tergolong sebagai burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Karena itu tidaklah heran jika burung srigunting cukup diminati sebagai burung peliharaan, baik oleh kalangan pecinta burung pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Mengapa Burung Srigunting Populer?

Burung Srigunting

Burung srigunting dikenal akan kicauannya yang merdu dan mudah dijaga. Selain itu, burung srigunting sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru serta memiliki sifat yang cukup jinak dan tidak susah dirawat. Dalam merawat burung srigunting, kita juga tidak memerlukan biaya yang cukup tinggi. Alasan lain yang membuat burung srigunting populer adalah burung ini juga mudah berkembang biak. Burung srigunting bisa menetas sehingga kita bisa menikmati suara kicauannya setiap saat.

See also  Cara Merawat Burung Anis Merah

Cara Merawat Burung Srigunting yang Baik dan Benar

Cara Merawat Burung Srigunting

1. Kandang

Kandang burung srigunting sebaiknya dibuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti kayu, aluminium atau besi. Ketika memilih kandang, pastikan ukuran kandang harus disesuaikan dengan jumlah burung yang ada di dalamnya, Ukuran kandang ideal untuk burung srigunting adalah 50 x 50 x 50 centimeter. Hal ini sangat penting agar burung srigunting tetap nyaman dan terhindar dari stress.

2. Pemilihan Pakan

Srigunting termasuk dalam keluarga burung kicau sejenis serindit atau kacer sehingga seringkali terjadi kesalahan dalam memberi makanan. Dalam hal ini kita tidak perlu khawatir karena sebenarnya burung srigunting adalah burung yang mudah diberi makan. Pilihan makanan yang cocok untuk burung srigunting adalah biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji bunga kelapa, jagung, kacang hijau, kacang tanah dan lain sebagainya. Selain biji-bijian, burung srigunting juga bangga akan sayuran dan buah-buahan. Sayuran yang cocok untuk burung srigunting antara lain sawi, kale, bayam, sayur brokoli, seledri dan lain-lain. Sedangkan jenis buah-buahan yang dapat diberikan antara lain pisang, belimbing, papaya, nanas dan manggis.

3. Kebutuhan Akan Air

Seperti burung-burung lainnya, burung srigunting juga memerlukan air bersih untuk minum dan mandi. Sebaiknya air minum diberikan pada wadah yang bersih dan airnya harus diganti secara berkala. Untuk kebutuhan mandi, bisa disediakan wadah berukuran besar dan diisi dengan air jangan terlalu penuh sampai burung tidak bisa berdiri.

Keuntungan dan Manfaat Merawat Burung Srigunting

Merawat burung srigunting adalah kegiatan yang menyenangkan bagi pecinta burung. Selain itu, merawat burung srigunting juga bermanfaat bagi kesehatan mental kita. Berbicara dengan burung dan melihat burung dengan kicauannya yang merdu dapat memperbaiki suasana hati kita. Selain itu, dengan memelihara burung srigunting, kita juga bisa belajar tentang tanggung jawab serta mengembangkan rasa empati terhadap makhluk hidup lainnya.

See also  Cara Merawat Burung Kacer Aduan

Kita juga bisa mendapatkan keuntungan finansial jika merawat burung srigunting. Burung srigunting bisa dijadikan sebagai burung peliharaan serta digunakan sebagai tandingan dalam acara lomba burung. Dalam hal ini kepopuleran burung srigunting membuat burung ini cukup laris manis di pasaran. Selain itu burung srigunting juga bisa menjadi burung yang menghasilkan uang bagi kita.

Demikianlah cara merawat burung srigunting yang baik dan benar. Burung srigunting adalah salah satu burung pengicau yang cocok dijadikan sebagai burung peliharaan bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman. Dalam merawat burung srigunting, kita harus memperhatikan hal-hal seperti kandang, pakan, air minum dan kebutuhan mandi burung. Mengembangkan hobi merawat burung srigunting juga bisa memberikan keuntungan finansial serta manfaat positif bagi kesehatan mental kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *