Cara Merawat Burung Perkutut Yang Baik

Burung Perkutut adalah salah satu jenis burung yang sangat populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang khas dan bisa menjadi teman yang menyenangkan di rumah. Namun, untuk merawat burung ini tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal penting yang harus dipahami sebelum memutuskan untuk memelihara burung Perkutut.

Burung Perkutut

Apa Itu Burung Perkutut?

Burung Perkutut (Geopelia striata) adalah jenis burung pengicau yang termasuk dalam kelompok burung kolibri. Burung ini biasanya memiliki warna bulu abu-abu kecoklatan dengan bercak-bercak hitam dan putih di sekitar leher belum dewasa. Sedangkan burung dewasa berwarna abu-abu kehijauan dengan garis-garis putih di bagian bawah perut. Ukuran burung Perkutut dewasa kisaran 20-22 cm dengan berat sekitar 100-130 gram.

Mengapa Burung Perkutut Populer di Indonesia?

Burung Perkutut menjadi burung dengan daya tarik tinggi karena memiliki kelebihan dalam mengeluarkan suara telolet dari bunyi tertekan dan keributan. Burung ini juga sering dimanfaatkan dalam lomba burung berkicau. Meskipun terdapat suara-suara kicauan lain yang serupa dengan burung Perkutut, tetapi suara kicauannya berbeda. Burung ini juga memiliki karakter yang jinak dan mudah untuk dijinakkan, sehingga sangat cocok untuk dipelihara dirumah.

Jenis-Jenis Burung Perkutut

Secara umum, terdapat 3 jenis burung Perkutut di Indonesia, yaitu:

  1. Perkutut Sumatera (Geopelia striata) yang berukuran lebih kecil dari Perkutut Jawa
  2. Perkutut Jawa (Geopelia striata) yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan rentan sakit
  3. Perkutut Philipina (Geopelia striata) yang ukuran tubuhnya relatif sama dengan Perkutut Jawa tetapi memiliki suara kicauan yang lebih nyaring dan berwarna hitam

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi Gacor Manggung

Merawat burung Perkutut agar rajin bunyi dan gacor manggung membutuhkan perawatan yang baik dan benar. Ada beberapa jenis perawatan yang harus Anda berikan jika ingin burung Perkutut menjadi rajin bunyi dan gacor manggung :

  1. Pemberian Makanan : makanan yang diberikan untuk burung Perkutut adalah biji-bijian seperti jagung, kacang hijau dan dalam jumlah yang cukup. Namun, pemberian makanan untuk burung Perkutut juga harus dikombinasikan dengan pemberian buah-buahan dan sayuran Hijau. Kualitas pakan burung juga harus dijaga, jangan sampai burung Perkutut makan makanan yang sudah basi dan cacat, karena bonus bisa merusak sistem pencernaan burung, sehingga sulit mengeluarkan suaranya secara maksimal.
  2. Pemberian Minum : Burung Perkutut membutuhkan air bersih dan segar. Anda dapat memberikan air dalam wadah yang stabil dan terpisah dari tempat makanannya.
  3. Kontrol Kesehatan Burung : Kontrol kesehatan burung Perkutut harus dilakukan secara rutin. Pastikan burung tersebut tidak memiliki parasit atau penyakit. Apabila burung Perkutut sakit, maka burung tersebut juga akan mengalami gangguan pada suaranya.
  4. Pemberian Kondisi Lingkungan yang Nyaman : Burung Perkutut juga memerlukan lingkungan yang nyaman dan bebas dari hal-hal yang mengganggu atau membuat burung tersebut merasa stress. Pastikan wadah kandang bersih dan nyaman, tidak terlalu panas atau dingin.
  5. Pemberian Variasi Suara Musik pada Burung : Variasi suara musik bisa dijadikan tips agar burung Perkutut bisa rajin bunyi dan gacor manggung secara maksimal. Suara musik bisa merangsang suara burung Perkutut, sehingga burung tersebut memiliki variasi suara yang lebih banyak.

Keuntungan dan Manfaat Memelihara Burung Perkutut

Memelihara burung Perkutut memiliki keuntungan dan manfaat bagi kita. Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat memelihara burung Perkutut :

  1. Menghilangkan Rasa Bosan : Merawat dan menjinakkan burung Perkutut bisa menjadi hobi yang menarik di mana saja. Menjaga dan memelihara burung juga bisa membantu mengurangi rasa bosan dan stres.
  2. Penurunan Tekanan Darah : Suara kicauan burung Perkutut sendiri bisa menjadi terapi penurunan tekanan darah dan penyembuhan dari berbagai penyakit.
  3. Memberikan Tontonan Menarik : Kelihatan burung Perkutut saat berkicau dan berkunjung ke tempat perlombaan burung berkicau bisa memberikan tontonan menarik.

Itulah beberapa hal penting tentang burung Perkutut, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merawat burung Perkutut agar lebih sehat dan rajin bunyi. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Burung Perkutut

Postingan ini dibuat demi memberikan informasi mengenai burung Perkutut kepada Anda. Mohon maaf jika terdapat kesalahan atau kekurangan dalam artikel ini, karena penulis hanyalah seorang manusia biasa yang juga terkadang melakukan kesalahan.
Sumber gambar :

Burung Perkutut

Sumber gambar :

Burung Perkutut

Sumber gambar :

Burung Perkutut

Sumber gambar :

See also  Cara Merawat Burung Lovebird Jantan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *