Cara Merawat Burung Paok Sayap Biru

Burung merupakan salah satu hewan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali jenis burung yang bisa diternakkan dan dijadikan sebagai salah satu investasi bisnis yang menguntungkan. Salah satunya adalah burung paok sayap biru. Burung ini dikenal memiliki suara kicau yang indah dan bisa dijadikan sebagai bahan perlombaan dalam ajang kicau mania. Berikut ini adalah penjelasan tentang burung paok sayap biru beserta dengan apa itu, mengapa, jenis-jenis, cara merawat, keuntungan dan manfaatnya.

Apa itu Burung Paok Sayap Biru?

Burung paok sayap biru merupakan salah satu jenis burung yang termasuk dalam keluarga pitta. Burung ini memiliki ciri khas warna dasar biru dengan sayap berbintik-bintik hitam dan putih. Ukuran tubuh burung paok sayap biru biasanya sekitar 20 cm, sehingga termasuk dalam jenis burung yang cukup kecil. Burung ini dikenal memiliki suara kicau yang indah dan bisa dijadikan sebagai salah satu burung perlombaan dalam ajang kicau mania.

Mengapa Burung Paok Sayap Biru Banyak Digemari?

Burung paok sayap biru banyak digemari oleh para penggemar burung kicau karena memiliki suara kicauan yang indah dan merdu. Selain itu, burung paok sayap biru juga termasuk burung yang mudah dipelihara dan dirawat. Hal ini karena burung paok sayap biru tidak memerlukan perawatan khusus seperti burung-burung kicau lainnya. Cukup memberikan pakan yang seimbang dan menjaga kebersihan sangkar, maka burung paok sayap biru akan tetap sehat dan aktif bergerak.

See also  Cara Merawat Burung Talokan

Jenis-Jenis Burung Paok Sayap Biru

Terdapat beberapa jenis burung paok sayap biru yang bisa dipelihara, yaitu:

  • Burung paok sayap biru Malaysia
  • Burung paok sayap biru Sunda
  • Burung paok sayap biru Filipina
  • Burung paok sayap biru anak
  • Burung paok sayap biru jawa

Masing-masing jenis burung paok sayap biru memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Untuk itu, sebelum memilih untuk menernakkan burung paok sayap biru, Anda perlu memahami karakteristik dari tiap-tiap jenis burung paok sayap biru tersebut.

Cara Merawat Burung Paok Sayap Biru

Merawat burung paok sayap biru tidaklah sulit. Namun, perlu diingat bahwa burung ini memerlukan perawatan yang tepat agar tetap sehat dan aktif dalam berkicau. Berikut ini cara merawat burung paok sayap biru yang benar:

  1. Menyediakan sangkar yang nyaman, sebaiknya menggunakan sangkar yang terbuat dari bahan besi atau bambu agar tahan lama dan tidak beracun bagi burung.
  2. Memberikan pakan yang seimbang, yaitu berupa biji-bijian, jagung, dedak, telur puyuh atau jangkrik.
  3. Memberikan air minum yang bersih dan segar setiap hari.
  4. Membersihkan sangkar dan tempat pakan secara rutin setiap hari.
  5. Memandikan burung paok sayap biru minimal dua kali seminggu dengan menggunakan air hangat dan mandi burung yang khusus untuk burung paok sayap biru.
  6. Menjaga suhu dan kelembaban yang sesuai dengan kondisi burung paok sayap biru, yaitu sekitar 25-30 derajat celcius dan kelembaban sekitar 60-75 %.

Keuntungan Menernakkan Burung Paok Sayap Biru

Menernakkan burung paok sayap biru memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  • Menjadi salah satu investasi bisnis yang menguntungkan
  • Memiliki suara kicau yang indah dan merdu
  • Relatif mudah dalam perawatan dan pemeliharaan
  • Hobi menenarkan burung paok sayap biru dapat meningkatkan kecintaan dan ketertarikan terhadap burung kicau
See also  Cara Merawat Burung Branjangan Lagi Mabung

Manfaat Menjaga Burung Paok Sayap Biru

Menjaga burung paok sayap biru memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Memiliki suara kicau yang indah dan merdu
  • Memberikan hiburan tersendiri bagi pemiliknya
  • Menjadikan rumah lebih sejuk dan nyaman karena burung paok sayap biru dikenal memiliki sifat yang jinak dan tidak suka berisik.

Demikianlah penjelasan tentang burung paok sayap biru beserta dengan apa itu, mengapa, jenis-jenis, cara merawat, keuntungan dan manfaatnya. Dengan mengetahui informasi tentang burung paok sayap biru, diharapkan pembaca bisa membuka wawasan dan melestarikan keberadaan burung paok sayap biru yang semakin lama semakin langka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *