Cara Merawat Burung Murai Mabung

Bagi pecinta burung, tentunya sudah tak asing lagi dengan burung Murai Batu. Burung yang memiliki suara merdu ini memang sangat populer di Indonesia khususnya di kalangan pecinta burung. Tak jarang, burung Murai Batu menjadi burung yang diperebutkan untuk dilombakan karena kemampuan suaranya yang indah.

Mengenal Burung Murai Batu

Burung Murai Batu merupakan spesies burung yang dianggap sebagai burung pemikat terbaik. Burung ini sering dipelihara oleh pecinta burung sebagai burung hias karena memiliki kicauan yang merdu dan indah. Burung Murai Batu juga memiliki corak warna yang cantik sehingga membuatnya terlihat sangat menawan.

Burung Murai Batu

Apa itu Murai Batu?

Murai Batu merupakan burung dari keluarga Muscicapidae. Burung ini berasal dari Sumatra, Kalimantan, Semenanjung Malaysia, dan Thailand Selatan. Burung Murai Batu termasuk burung yang mudah dirawat dan tidak terlalu sulit untuk diternak dan dipelihara. Namun, dalam merawat burung ini sebaiknya memperhatikan beberapa hal agar burung tetap sehat dan merawat burung Murai Batu yang mabung.

Mengapa Murai Batu Banyak Dipelihara?

Banyak alasan mengapa burung Murai Batu sangat diminati oleh pecinta burung. Beberapa alasan antara lain:

  • Memiliki kicauan yang merdu dan indah
  • Corak warna yang cantik
  • Aktivitas Murai Batu yang lincah dan ceria
  • Proses penjinakan yang mudah
  • Beradaptasi dengan lingkungan yang mudah

Jenis-jenis Burung Murai Batu

Ada beberapa jenis burung Murai Batu yang populer di Indonesia, antara lain:

  1. Murai Batu Medan
  2. Murai Batu Lampung
  3. Murai Batu Aceh
  4. Murai Batu Borneo
  5. Murai Batu Sumatera
See also  Cara Merawat Burung Murai Batu

Murai Batu Mabung

Cara Merawat Burung Murai Batu

Merawat burung Murai Batu sebenarnya tidak sulit, namun dibutuhkan ketelatenan dalam merawatnya. Ini dia beberapa langkah yang harus dilakukan dalam merawat burung Murai Batu:

Pemilihan Kandang Burung Murai Batu Yang Tepat

Kandang atau sangkar burung Murai Batu sebaiknya memiliki ukuran yang lebar dan tinggi. Hal ini untuk memberikan ruang gerak yang cukup bagi burung agar tidak merasa terbatas. Burung Murai Batu juga sebaiknya ditempatkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung dan hujan. Kandang juga sebaiknya dilengkapi dengan tempat pakan dan minum, serta tempat berteduh.

Memberikan Pakan Yang Mengandung Gizi Yang Cukup

Pilihan pakan yang diberikan kepada burung Murai Batu juga sangat penting. Tidak hanya sebatas memberikan voer atau buah-buahan saja. Pakan yang diberikan haruslah mengandung nutrisi yang cukup dan seimbang untuk menjaga kesehatan burung. Pakan yang diberikan bisa berupa voer, kroto, jangkrik, atau ulat hongkong. Namun, perlu diingat juga tidak memberikan pakan yang berlebihan agar tidak menyebabkan obesitas pada burung Murai Batu.

Menyediakan Tempat Mandi Yang Bersih

Burung Murai Batu senang mandi dan mencuci bulu-bulunya. Oleh karena itu, sebaiknya menyediakan tempat mandi yang bersih dan cukup luas agar burung dapat mandi dengan nyaman. Tempat mandi sebaiknya ditempatkan di area yang terbuka dan mudah dijangkau oleh burung Murai Batu. Selain itu, pastikan air tempat mandi selalu bersih untuk menjaga kebersihan bulu burung.

Menjaga Kebersihan Kandang Secara Rutin

Merawat burung Murai Batu juga harus memperhatikan kebersihan kandang. Kandang burung yang kotor dan bau tentunya akan mempengaruhi kesehatan burung. Oleh karena itu, sebaiknya membersihkan kandang secara rutin minimal 2 kali dalam sehari. Selain itu, ganti hampir secara rutin agar kandang selalu bersih dan tidak bau.

See also  Cara Merawat Anakan Burung Cendet

Tidak Memberikan Obat Tanpa Konsultasi Dengan Dokter Hewan

Jika burung Murai Batu terlihat tidak sehat, sebaiknya tidak memberikan obat secara sembarangan. Memang, memilih obat untuk burung memang tidak semudah memilih obat untuk manusia. Hal ini dikarenakan obat-obatan yang umum digunakan manusia belum tentu cocok untuk burung. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter hewan agar burung segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Keuntungan Merawat Burung Murai Batu

Merawat burung Murai Batu selain memberikan hiburan dan kesenangan juga dapat memberikan keuntungan materi bagi pecinta burung. Berikut ini beberapa keuntungan merawat burung Murai Batu:

  • Menjadi hobi yang menyenangkan dan mengasah keterampilan
  • Bisa menjadi sumber penghasilan jika Burung Murai Batu menjadi juara
  • Meningkatkan keterampilan memelihara burung dan pengalaman
  • Bercocok tanam bersamaan dengan merawat burung Murai Batu

Manfaat Merawat Burung Murai Batu

Burung Murai Batu tidak hanya memberikan manfaat bagi kesenangan dan hiburan saja. Ada beberapa manfaat merawat burung Murai Batu, antara lain:

  • Menjaga keseimbangan psikologis dan meredakan stres
  • Menjalin hubungan sosial dengan orang yang memiliki hobi yang sama
  • Meningkatkan minat dan kreativitas dalam seni kicau burung

Nah, itu dia beberapa tips merawat burung Murai Batu agar tetap sehat dan selalu terjaga kebersihannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi pecinta burung. Selamat mencoba merawat burung Murai Batu dengan baik dan benar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *