Cara Merawat Burung Kutilang Liar Biar Jinak

Apa kabar teman-teman? Kali ini kita akan membahas tentang burung-burung indah. Siapa yang tidak suka dengan burung, ya? Selain suaranya yang merdu, burung juga menjadi salah satu hewan yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Salah satu burung yang indah dan populer di Indonesia adalah burung kutilang. Mari kita bahas mengenai burung kutilang dan bagaimana cara merawatnya agar bisa berkicau dengan indah dan jinak.

Gambar Burung Kutilang yang Indah

Sebelum mulai membahas tentang cara merawat, ada baiknya kita mengenal lebih dekat lagi dengan burung kutilang, nah berikut adalah beberapa gambar burung kutilang yang indah:

Gambar Burung Kutilang

Apa itu Burung Kutilang?

Burung kutilang termasuk dalam keluarga burung pipit dan merupakan burung pendatang di Indonesia. Burung ini biasanya hidup di dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 500 hingga 3.800 meter di atas permukaan laut. Mereka juga biasanya hidup di daerah pegunungan dan hutan-hutan.

Mengapa Burung Kutilang Menjadi Populer di Indonesia?

Burung kutilang memang terkenal dengan suara kicauannya yang indah. Selain itu, burung kutilang juga dapat dijinakkan dan dipelihara di dalam sangkar. Tidak heran jika burung kutilang menjadi salah satu burung yang populer di Indonesia sebagai hewan peliharaan.

Jenis-jenis Burung Kutilang

Terdapat beberapa jenis burung kutilang di Indonesia. Diantaranya yaitu kutilang jambul, kutilang emas dan kutilang padi. Kutilang jambul memiliki warna bulu yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, terdapat yang berwarna hitam, coklat kehijauan, dan kuning kehijauan. Sedangkan kutilang emas biasanya berwarna orange kecoklatan dan kutilang padi memiliki warna bulu yang merah kecoklatan.

See also  Cara Merawat Burung Pleci Bahan

Cara Merawat Burung Kutilang

Bagi yang sudah memiliki burung kutilang atau yang ingin memeliharanya, berikut adalah beberapa tips merawat burung kutilang agar bisa jinak dan berkicau dengan indah:

  • Sangkarnya harus sesuai ukuran, jangan terlalu kecil atau terlalu besar.
  • Burung perlu mandi seperti manusia untuk menjaga kebersihan bulunya.
  • Memberikan pakan yang baik dengan variasi seperti jangkrik, kroto, voer, dsb.
  • Mengeluarkan burung dari sangkar setiap pagi untuk berjemur dan berolahraga pada rintangan yang disediakan.
  • Memberikan extra food seperti buah-buahan atau sayuran sebagai pembelahan agar burung tetap sehat dan tidak kurang gizi.

Keuntungan dan Manfaat Merawat Burung Kutilang

Merawat burung kutilang bukan hanya memberikan kepuasan dengan menikmati kicauannya yang merdu, namun juga memberikan beberapa manfaat bagi pemiliknya. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika merawat burung kutilang:

  • Meningkatkan kepekaan dan keterampilan dalam merawat hewan.
  • Mempererat hubungan antara pemilik dan hewan peliharaannya.
  • Menjaga kelestarian dan keberlangsungan hidup burung kutilang yang merupakan salah satu flora dan fauna Indonesia.

Nah, itulah tadi sedikit mengenai informasi tentang burung kutilang. Mulai sekarang, mari kita jaga kelestarian burung kutilang dan berikan mereka perawatan terbaik agar dapat berkicau dengan indah. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *