Cara Merawat Burung Kapasan Kemiri

Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas tentang burung kapasan kemiri. Bagi penggemar burung, tentunya sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini. Selain memiliki suara kicauan yang merdu, burung kapasan kemiri juga memiliki tampilan yang cantik. Ada banyak hal menarik yang bisa kita ketahui tentang burung kapasan kemiri, mulai dari apa itu burung kapasan kemiri, mengapa burung ini terkenal, jenis-jenis burung kapasan kemiri, cara merawatnya, hingga keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari burung ini.

Apa itu burung kapasan kemiri?

Burung kapasan kemiri atau juga dikenal dengan nama Kapas Kambing Kemiri, merupakan burung yang berasal dari keluarga Pycnonotidae. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, yaitu sekitar 16-17 cm. Burung kapasan kemiri juga dikenal dengan suara kicauannya yang merdu, membuat kebanyakan orang menyukai burung ini sebagai hewan peliharaan.

Mengapa burung kapasan kemiri terkenal?

Burung kapasan kemiri terkenal karena memiliki suara kicauan yang merdu. Suara kicauan burung kapasan kemiri selama ini menjadi andalan bagi para pecinta burung di Indonesia. Selain itu, burung kapasan kemiri juga memiliki penampilan yang cantik dan menarik, sehingga membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

Jenis-jenis burung kapasan kemiri

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis burung kapasan kemiri, di antaranya yaitu:

1. Burung Kapasan Kemiri Jawa (Pycnonotus goiavier)

Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, yaitu sekitar 16 cm. Burung kapasan kemiri jawa biasa dijumpai di dataran rendah sampai ketinggian 1.500 mdpl. Warna bulunya yang hijau kekuningan dengan penyebaran merah di bawah ekor membuat burung ini menjadi menarik untuk dipelihara.

2. Burung Kapasan Kemiri India (Pycnonotus cafer)

See also  Cara Merawat Burung Jalak Suren Supaya Gacor

Burung kapasan kemiri India memiliki penyebaran yang lebih luas, yaitu dari Timur Tengah hingga Asia Timur. Ukuran tubuh burung kapasan kemiri India lebih besar dibandingkan dengan kapasan kemiri Jawa, yaitu sekitar 19 cm. Burung ini memiliki bulu yang berwarna hijau kebiruan dengan warna kuning keemasan.

3. Burung Kapasan Kemiri Kacamata (Zosterops palpebrosus)

Burung kapasan kemiri kacamata dikenal dengan bentuk kacamata hitam tepat di atas mata. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, yaitu sekitar 11-12 cm. Burung kapasan kemiri kacamata biasa dijumpai di hutan-hutan atau lingkungan sekitar pemukiman.

Cara merawat burung kapasan kemiri

Agar burung kapasan kemiri tetap sehat dan aktif, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam merawatnya, di antaranya yaitu:

1. Memberi pakan yang berkualitas

Pemberian pakan yang tepat dan berkualitas sangat penting bagi kesehatan burung kapasan kemiri. Berikanlah pakan berupa voer yang memiliki kandungan gizi yang cukup dan seimbang. Selain itu, berikanlah juga pakan tambahan berupa buah-buahan segar seperti pepaya dan nanas.

2. Menjaga kebersihan sangkar

Kebersihan sangkar harus selalu dijaga agar burung kapasan kemiri tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Bersihkan sangkar minimal dua kali seminggu dan gantilah pakan dan air minum secara berkala.

3. Memberi asupan mineral

Burung kapasan kemiri perlu mendapatkan asupan mineral untuk menjaga kesehatan tulangnya. Berikanlah batu kapur dan grit untuk memenuhi kebutuhan mineralnya.

Keuntungan dan manfaat burung kapasan kemiri

Burung kapasan kemiri tidak hanya menghasilkan suara kicauan yang merdu, tetapi juga memberikan beberapa manfaat bagi kita, di antaranya yaitu:

1. Menjadi hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan

Burung kapasan kemiri memiliki penampilan yang cantik dan menggemaskan, sehingga banyak orang yang menyukainya sebagai hewan peliharaan.

See also  Cara Merawat Burung Pleci Supaya Cepat Gacor

2. Terapi mental

Kicauan burung kapasan kemiri diketahui mampu memberikan terapi mental bagi seseorang yang sedang mengalami stres atau depresi.

3. Cocok untuk dijadikan bisnis

Anda dapat memanfaatkan burung kapasan kemiri sebagai bisnis, seperti bisnis penjualan burung atau kicauan burung.

Demikianlah pembahasan singkat tentang burung kapasan kemiri. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita tentang burung kapasan kemiri. Jangan lupa untuk memberikan perawatan yang baik dan benar pada burung kapasan kemiri yang kita pelihara agar tetap sehat dan aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *