Apa Itu Tapak Suci

Kalian pernah dengar Tapak Tilas? Kalau belum, wahh jangan sampai ketinggalan ya kakak! Ini adalah tren terbaru yang lagi ramai dibicarakan terutama setelah dirilisnya film KKN di Desa Penari yang menampilkan tema tersebut. Nah, kali ini kita akan bahas lebih dalam mengenai apa sih Tapak Tilas dan segala macam hal yang berkaitan dengan tren ini.

Yuk kita mulai dengan mengulas apa itu Tapak Tilas. Tapak Tilas merupakan sebuah acara atau rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengunjungi kembali situs-situs penting dari event atau peristiwa penting yang terjadi pada masa lalu. Arti dari Tapak Tilas sendiri berasal dari bahasa Jawa “tapak” yang artinya adalah bekas atau jejak dan “tilas” yang artinya mengikuti atau menelusuri. Jadi jelas sudah nih, Tapak Tilas ini mengajak para peserta untuk menelusuri kembali jejak-jejak sejarah yang ada di suatu tempat.

Nah, banyak loh tempat-tempat yang sering menjadi tujuan utama dalam rangkaian Tapak Tilas. Misalnya saja Pulau Penang yang terkenal dengan sejarahnya dan beberapa tempat suci seperti Borobudur dan Prambanan yang mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi. Tapi, bukan hanya itu saja, masih banyak lho lokasi lain yang bisa dijelajahi dalam Tapak Tilas.

So, pertanyaan berikutnya adalah mengapa kita harus melakukan Tapak Tilas? Nah, hal ini terkait dengan manfaat yang dapat kita peroleh dari kegiatan ini. Diantaranya adalah:

1. Menambah pengetahuan sejarah
Dengan melakukan Tapak Tilas, kita akan belajar lebih banyak mengenai sejarah yang ada di suatu tempat. Selain itu, kita juga bisa mendalami tentang nilai-nilai budaya dan cerita-cerita rakyat yang terkait dengan sejarah tersebut.

2. Melatih fisik
Kegiatan Tapak Tilas membutuhkan pergerakan tubuh dan stamina yang kuat. Kita juga butuh daya tahan tubuh yang tidak ringan karena seringkali kegiatan ini memakan waktu yang cukup lama.

3. Meningkatkan kebersamaan
Kegiatan Tapak Tilas biasanya dilakukan bersama teman-teman maupun keluarga. Hal ini tentunya sangat efektif untuk mempererat tali persaudaraan dan memperkuat hubungan antar teman.

See also  Apa Itu Bias Gender

4. Menstimulasi otak
Dalam kegiatan Tapak Tilas, kita akan sering berinteraksi dan memiliki diskusi dengan pengunjung dan pemandu wisata. Hal ini akan melatih kemampuan berpikir dan berbicara secara spontan.

Setelah membahas mengenai mengapa kita harus melakukan Tapak Tilas, sekarang kita beralih untuk membahas jenis-jenis Tapak Tilas. Ada beberapa jenis Tapak Tilas yang sering dilakukan. Antara lain adalah:

1. Tapak Tilas Sejarah
Tapak Tilas jenis ini bertujuan untuk mengunjungi kembali jejak sejarah yang ada di suatu tempat. Contohnya adalah mengunjungi museum, monumen peperangan, dan bangunan-bangunan tua.

2. Tapak Tilas Religius
Tapak Tilas jenis ini bertujuan untuk mengunjungi kembali situs-situs suci yang terdapat di suatu tempat. Contohnya adalah mengunjungi kuil, pura, masjid, dan gereja.

3. Tapak Tilas Kesenian
Tapak Tilas jenis ini sering dilakukan untuk mengunjungi kembali tempat-tempat budaya yang ada di suatu tempat. Contohnya adalah mengunjungi tari-tarian tradisional dan pusat seni di daerah setempat.

4. Tapak Tilas Alam
Tapak Tilas jenis ini bertujuan untuk mengunjungi kembali tempat-tempat yang terkait dengan alam di suatu tempat. Contohnya adalah mengunjungi taman nasional, pantai, gunung, dan air terjun.

Setelah membahas jenis-jenis Tapak Tilas, kita beralih untuk membahas sejarah awal mula munculnya Tapak Tilas. Tapak Tilas merupakan salah satu kerumunan seni tradisional Indonesia yang mengambil referensi dari sejarah dan perjalanan asli yang ada di Jawa pada abad ke-9. Raja-raja di Jawa dulu sering melakukan perjalanan ke berbagai tempat yang penting dalam rangka mendapatkan dukungan dari penguasa lokal dan mengambangkan seni dan budaya. Hal ini kemudian berkembang menjadi kegiatan yang lebih terstruktur dan diadopsi oleh perguruan seni seperti Tapak Suci.

See also  Apa Itu Sekolah Adiwiyata

Tips untuk melakukan Tapak Tilas juga perlu dipahami agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar. Beberapa tips untuk melakukan Tapak Tilas yang dilansir dari tapaktulas.com antara lain adalah:

1. Memilih tempat wisata terlebih dahulu
Sebelum melakukan Tapak Tilas, ada baiknya untuk melakukan perencanaan terlebih dahulu dengan memilih tempat wisata yang sesuai dengan tujuan. Hal ini supaya tidak terlalu bingung dan lebih terstruktur dalam melaksanakan kegiatan.

2. Menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan
Pastikan untuk membawa perlengkapan yang memadai untuk Tapak Tilas seperti pakaian yang nyaman dan sepatu yang nyaman untuk berjalan.

3. Berteman dengan penduduk setempat
Mendapatkan teman dan berbicara dengan penduduk setempat dapat membantu kita mendapatkan informasi tentang objek wisata yang akan kita kunjungi.

4. Membuat jadwal kegiatan yang terstruktur
Membuat jadwal kegiatan yang pasti dan terstruktur akan membantu kita menghindari kelupaan atau aktivitas yang tidak terencana sebelumnya.

5. Membawa bekal yang cukup
Jangan lupa membawa bekal yang cukup dan makanan yang dijamin kebersihan dan gizinya, karena kegiatan ini memerlukan stamina yang cukup.

Selain tips tersebut, ada juga beberapa cara memilih tempat wisata Tapak Tilas yang baik agar kegiatan kita menjadi lebih menyenangkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih tempat wisata Tapak Tilas antara lain adalah:

1. Sejarah tempat tersebut
Pastikan tempat yang akan kita lawati memiliki sejarah penting dan terdapat banyak cerita yang menarik untuk dijelajahi.

2. Aksesibilitas
Pastikan tempat tersebut mudah dijangkau dan aksesnya mudah diakses dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

3. Kebersihan lingkungan
Pastikan tempat tersebut bersih dan aman untuk dikunjungi, jangan sampai kegiatan tapak tilas kita malah jadi bencana.

4. Infrastruktur
Perhatikan ketersediaan infrastruktur di tempat wisata tersebut seperti kendaraan, tempat makan, kamar mandi, dan tanda-tanda yang memudahkan kita dalam menjelajahi tempat tersebut.

See also  Apa Itu Liminal Space

Dalam melakukan Tapak Tilas, kita juga tidak bisa melupakan keuntungan dan manfaat yang bisa kita peroleh. Beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa kita peroleh antara lain adalah:

1. Menambah wawasan
Kita bisa belajar lebih banyak tentang sejarah dan budaya dari tempat yang akan kita kunjungi. Selain itu kita juga akan mendapat pengalaman baru yang pasti sangat berarti.

2. Melatih keterampilan interpersonal
Kegiatan Tapak Tilas juga bisa membantu kita melatih keterampilan interpersonal seperti berbicara dan berinteraksi dengan orang yang belum dikenal sebelumnya.

3. Menyehatkan badan
Kegiatan Tapak Tilas dengan berjalan kaki dan melakukan aktivitas fisik lainnya tentunya sangat menyehatkan badan kita.

4. Menjalin persahabatan
Kita bisa menjalin persahabatan dengan pengunjung lainnya dan membuka peluang untuk kolaborasi dalam kegiatan lain.

5. Menyemangati jiwa petualang
Melakukan tapak tilas bisa memuaskan jiwa petualang kita dan memberi inspirasi baru dalam hidup.

Terakhir, kita akan berikan beberapa rekomendasi tempat wisata Tapak Tilas terbaik yang layak dikunjungi. Beberapa tempat wisata Tapak Tilas yang sangat direkomendasikan antara lain adalah:

1. Borobudur
Merupakan candi Budha terbesar di dunia yang sangat terkenal dengan relief-reliefnya yang indah.

2. Gunung Bromo
Gunung yang menjadi salah satu tempat wisata favorit di Indonesia karena pemandangan dari Bukit Penanjakan sangat mengesankan.

3. Museum Fatahillah di Jakarta
Museum ini merupakan bekas penjara dan pengadilan di masa kolonial yang sekarang dijadikan pusat informasi sejarah Jakarta.

4. Pantai Kuta di Bali
Pantai yang terkenal dengan sunset-nya yang indah ini menyuguhkan belekasan liburan yang menyenangkan sekaligus dapat menghapus kepenatan.

Itu dia sedikit ulasan mengenai Tapak Tilas dan segala sesuatunya yang perlu kita ketahui. Jadi, sudah siap untuk memulai rangkaian Tapak Tilasmu? Jangan lupa untuk menyiapkan bekal yang cukup dan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat yang akan dikunjungi! Happy exploring, guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *