Apa Itu Jalan Bypass

Jalan Tol Trans Jawa Bernyanyi Saat Dilewati, Ternyata Singing Road, Apa Itu?

Apa Itu Singing Road?

Singing Road atau jalan bernyanyi adalah jalan yang dilengkapi dengan rambu-rambu pengatur lalu lintas yang berwarna biru. Namun, yang membuat jalan bernyanyi ini unik dan menarik perhatian adalah saat kita melewatinya, bunyi-bunyian tertentu akan terdengar seperti musik atau lagu yang sedang diputar.

Mengapa Jalan Bernyanyi Dibuat?

Jalan bernyanyi ini awalnya dibuat di Denmark pada tahun 2015 untuk meningkatkan kesadaran pengemudi akan batas kecepatan di jalan raya. Dalam hal ini, bunyi yang dihasilkan akan berubah tergantung pada kecepatan kendaraan yang sedang melintas pada jalan tersebut.

Jenis-Jenis Singing Road yang Ada

Saat ini ada dua jenis Singing Road: Road Paint dan dan Rumble Strips. Road Paint merupakan jenis yang dipakai di Jalan Tol Trans Jawa. Sementara itu, Rumble Strips atau sering juga disebut Goyangan Badan merupakan jenis yang paling gelap.

Sejarah Singing Road

Sejarah awal mula Singing Road dimulai pada tahun 2015 oleh perusahaan teknologi asal Denmark bernama GERMANY yang bekerja sama dengan otoritas jalan di sana. Namun, Singing Road pertama di Indonesia baru dibuat pada 2022, dan terdapat di jalur Jalan Tol Trans Jawa.

Tips agar Tetap Memperhatikan Keselamatan Ketika Melintas di Jalan Bernyanyi

Agar tetap aman ketika melintas di jalan bernyanyi, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

  • Perhatikan rambu-rambu lalu lintas
  • Pastikan kendaraan dalam keadaan baik dan selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas
  • Jangan terlalu fokus pada suara yang dihasilkan oleh jalan bernyanyi karena bisa membuat pengemudi lupa dengan tugas utamanya yaitu mengemudikan kendaraan dengan aman.
See also  Apa Itu Bleaching Badan

Cara Memilih Kendaraan yang Cocok untuk Melintas di Singing Road

Jika ingin melintas di Singing Road, pastikan kendaraan yang dipakai sudah layak jalan dan bersih. Selain itu, periksa kecepatan kendaraan dan pastikan sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini penting untuk meminimalisir risiko kecelakaan.

Keuntungan Lain dari Singing Road

Tidak hanya mempermudah pengendara untuk mengikuti aturan lalu lintas, Singing Road juga dapat memberikan manfaat lain seperti:

  • Menambah daya tarik wisata di sekitar area Singing Road
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya aturan lalu lintas
  • Mengurangi kecepatan kendaraan sehingga mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya.

Rekomendasi Singing Road di Luar Indonesia

Berikut beberapa rekomendasi jalan bernyanyi di luar negeri.

  1. Jalan Region de Murcia, Spanyol
  2. Jalan Region de Murcia terletak di sekitar kota La Encarnación, Spanyol. Saat melewatinya, kamu akan mendengar musik khas Spanyol yang legit dan merdu.

  3. Jalan Tartu, Estonia
  4. Di jalan Tartu, Estonia kamu akan disuguhkan dengan musik klasik.

  5. Jalan Turismo, Taiwan
  6. Di Taiwan terdapat sebuah jalan bernyanyi yang berupa tembang tradisional khas Taiwan.

Penutup

Selain membuat pengendara lebih sadar akan keselamatan di jalan raya, Singing Road juga bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri. Walau demikian, keselamatan tetap menjadi hal yang utama ketika melintas di Singing Road, jadi pastikan selalu memerhatikan rambu-rambu lalu lintas dan mempraktikkan cara mengemudi yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *