Apa Itu Ideologi Tertutup

Adakah kamu tahu mengenai ideologi tertutup? Jika tidak, maka kamu sebaiknya terus membaca artikel ini. Kami akan membahas mengenai apa itu ideologi tertutup, mengapa penting untuk memahaminya, jenis-jenis ideologi, sejarah, tips memilihnya, keuntungan, manfaat, dan rekomendasi.

Apa itu Ideologi Tertutup?

Ideologi tertutup adalah suatu pandangan hidup yang hanya mengakui ideologi itu saja. Sebaliknya, ideologi terbuka bisa menerima berbagai macam ideologi lainnya. Ideologi tertutup sering kali sulit untuk dinegosiasikan dan cenderung keras kepala.

Aturan-aturan dan keyakinan dalam ideologi tertutup cenderung tidak bisa diubah, kemungkinan besar pejabat atau pimpinan partai berkuasa akan merespon dengan memberikan anda penjelasan yang busuk mengenai mengapa mereka seharusnya berfikir seperti dia. Ideologi tertutup juga biasanya dikecam karena cenderung tidak baik bagi kreativitas dan dialog terbuka di antara masyarakat.

Mengapa Ideologi Tertutup Penting Untuk Dipahami?

Mengetahui ideologi tertutup cukup penting lho! Sebab, ideologi tertutup dapat mempengaruhi dunia politik maupun sosial budaya terlepas dari apapun didalam masyarakat. Budaya yang dipengaruhi oleh ideologi tertutup mungkin bisa sulit untuk merespons dengan ideologi lainnya dan dapat menciptakan masalah sosial yang lebih besar.

Di sisi politik, sebuah partai yang berazaskan kepada ideologi tertutup jika berkuasa bisa menciptakan aturan-aturan yang tidak bisa dinegosiasikan dan sulit untuk diubah. Hal ini dapat berdampak pada kebebasan opini dan kebebasan berfikir yang dapat merugikan masyarakat umum.

See also  Apa Itu 1 Muharram

Jenis-Jenis Ideologi

Ideologi Tertutup

Ideologi tertutup mengakui hanya satu pandangan hidup dan tidak bisa menerima pandangan hidup lain yang berbeda. Hal ini membuat ideologi tertutup cenderung sulit untuk dinegosiasikan dan cenderung keras kepala.

Ideologi Terbuka

Ideologi terbuka lebih luwes dibandingkan ideologi tertutup. Pandangan hidup dalam ideologi terbuka dapat menerima berbagai macam pandangan hidup dan mempertimbangkan pandangan hidup lain dalam kebijakan publik.

Ideologi Moderat

Ideologi moderat adalah ideologi yang berada di tengah-tengah antara ideologi tertutup dan ideologi terbuka. Ideologi ini mencari keseimbangan antara keterbukaan dan keleluasaan dalam hal kebijakan publik.

Sejarah Ideologi Tertutup

Sejarah ideologi tertutup bermula dari ketidaksepakatan yang terjadi pada awal abad ke-20 antara Soviet dan Partai Komunis Cina dengan Partai Komunis Internasional. Ketidaksepakatan ini telah mengakibatkan Perang Dingin, yang mana pada saat itu Uni Soviet membentuk Poros Komunis dan Amerika Serikat membentuk Poros Kapitalis.

Akibat dari Perang Dingin, ideologi tertutup tumbuh di negara-negara yang menjadi sekutu Uni Soviet seperti Korea Utara serta negara-negara yang menjadi sekutu Amerika Serikat seperti Indonesia.

Tips Memilih Ideologi

Pahami Sejarah Ideologi yang Dipilih

Sebelum memilih ideologi, pastikan kamu mengetahui tuntas apapun yang berkaitan dengan ideologi tersebut. Pahami sejarah ideologi tersebut, pandangan hidupnya, tujuannya, serta dampaknya pada masyarakat.

Pertimbangkan Aspek Sosial dan Politik

Selain memahami aspek historis, pertimbangkan juga aspek sosial dan politik dari pilihan ideologi kamu. Apakah ideologi tersebut dapat menciptakan kesejahteraan dan keadilan dalam masyarakat? Ataukah hanya akan menciptakan sebuah perebutan kekuasaan yang tidak peduli pada masyarakat kecil?

Keuntungan Ideologi Tertutup

Salah satu keuntungan dari ideologi tertutup adalah bisa menciptakan kestabilan dalam sebuah negara. Dalam hal ini, ideologi yang diterapkan secara konsisten dan tanpa ada pertentangan bisa menciptakan kekuatan yang besar dalam suatu negara.

See also  Apa Itu Proker Osis

Hal ini terlihat dalam negara seperti Korea Utara yang sampai saat ini masih menjadi negara yang stabil dankukuh dengan ideologi komunis sebagai sistemnya.

Manfaat Ideologi Tertutup

Manfaat dari ideologi tertutup adalah dapat menciptakan keberhasilan pada sektor ekonomi dan pembangunan nasional. Dalam kasus seperti China, penggunaan ideologi tertutup yang kuat dan konsisten telah membawa mereka menjadi kekuatan ekonomi dunia dengan keberhasilan pembangunan infrastruktur dan beberapa proyek strategis.

Manfaat lainnya dari ideologi tertutup adalah dapat menciptakan kemakmuran yang adil bagi rakyatnya. Dalam hal ini, kebijakan sosial dalam negara yang menerapkan ideologi tertutup cenderung memberikan prioritas pada rakyat kecil dan menekankan pentingnya kaum pekerja.

Rekomendasi Ideologi Tertutup

Jika kamu mencari ideologi tertutup yang bisa dijadikan rekomendasi, maka kami menyarankan kamu untuk mempertimbangkan ideologi komunis atau sosialisme. Ideologi ini sudah terbukti sukses dalam menciptakan kestabilan dan keberhasilan di dalam sebuah negara seperti di China, yang telah menjadi kekuatan ekonomi dunia.

Memilih sebuah ideologi memang bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan memperlajari dan mempertimbangkan sejarah, sosial, dan politik dari sebuah ideologi, kamu dapat memilih ideologi yang tepat bagi kamu dan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *