Apa Itu Asistensi Dalam Perkuliahan

Wah, kalian tahu gak sih kalau di perkuliahan itu ada yang namanya SKS, IP, dan IPK? Kayaknya baru deh aku tau, padahal aku udah lewat segala macam ujian dan tugas kuliah nih. Nah, tapi tenang aja, aku mau berbagi pengetahuan nih tentang apa itu SKS, IP, dan IPK dalam perkuliahan.

SKS

SKS stands for Sistem Kredit Semester. Nah, jadi begini SKS ini itu bisa dianggap seperti “mata kuliah”, tapi satu mata kuliah itu biasanya punya jumlah SKS yang berbeda-beda antar fakultas. Misalnya saja, di fakultas aku, satu mata kuliah itu biasanya punya 4 SKS.

SKS

IP

Setelah tahu tentang SKS, kita lanjut ke IP atau Indeks Prestasi. IP ini merupakan rata-rata dari seluruh nilai yang sudah didapat selama kuliah kita. Jadi, nilai dari setiap mata kuliah itu nantinya akan dihitung dan dirata-ratakan menjadi satu IP. Dan, IP ini penting loh, karena IP ini bisa menjadi penentu apakah kita bisa melanjutkan ke semester selanjutnya atau tidak.

IP

IPK

Terus, apa bedanya IP dengan IPK? Nah, IPK itu adalah Indeks Prestasi Kumulatif, jadi ini adalah rata-rata dari seluruh IP yang sudah kita dapatkan terhitung sejak awal semester pertama kuliah.

IPK

Wah, ternyata SKS, IP, dan IPK itu penting banget ya untuk kita yang kuliah. Nah, selain ketiga hal tersebut, rupanya di dunia perkuliahan masih ada beberapa istilah lain yang mungkin perlu kita tahu juga nih.

See also  Apa Itu Lembaga Negara

Apa itu Prodi, Kaprodi, Dekan, Rektor, Kajur, dan Dospem Hingga Kating?

Prodi itu kependekan dari Program Studi, jadi ini adalah jurusan atau program yang kita ambil. Sedangkan Kaprodi ini adalah Kepala Program Studi, jadi dia ini adalah pimpinan dari program studi yang kita ambil. Nah, kalau Dekan itu adalah kepala dari satu fakultas, jadi misalnya aku mahasiswa dari fakultas Teknik, ada dekan Teknik yang jadi pimpinannya.

Terus, Rektor itu kek kepala dari semua fakultas gitu, dia yang jadi pimpinan universitas. Kalau Kajur, ini kek Kaprodi-nya Fakultas gitu. Dan Dospem itu adalah Dosen Pembimbing yang biasanya kita punya tiap kita mau ngajuin tugas akhir atau skripsi.

Istilah Perkuliahan

Wah, banyak juga ya istilah-istilah yang cuma tahu kalo lagi kuliah. Nah, kalau udah tahu istilah-istilah itu, ada beberapa hal lagi nih yang mungkin bisa kita ketahui sebagai mahasiswa baru.

Apa itu Implementasi?

Nah, Implementasi ini artinya adalah pelaksanaan dari suatu kebijakan atau program. Jadi ini berkaitan sama proses bagaimana suatu kebijakan itu dijalankan dan berhasil atau tidak. Contoh implementasi bisa misalnya itu penerapan program kerja praktek yang kita ambil di suatu instansi atau perusahaan tertentu.

Implementasi

Setelah tahu tentang implementasi, masih ada beberapa hal lagi yang mungkin perlu kita tahu sebagai mahasiswa.

Apa itu TAP dan Karil di Perkuliahan?

Nah, kalau TAP itu kependekan dari Tugas Akhir Praktikum, jadi ini adalah salah satu tugas besar yang biasa dikerjakan oleh mahasiswa di akhir-akhir perkuliahan. Sedangkan Karil itu kependekan dari Kartu Rencana Ilmu dan Laporan, jadi ini berkaitan sama pengajuan tugas akhir yang akan kita kerjakan nantinya.

See also  Apa Itu Wanita Jalang

Tugas Akhir Praktikum

Oke, jadi udah banyak banget ya ilmu-ilmu baru yang kita dapatkan. Nah, masih ada beberapa hal lagi nih yang mungkin bisa kita ketahui.

Apa itu Keuntungan dan Manfaat dari SKS, IP, dan IPK?

Nah, keuntungan dari kita memperhitungkan SKS, IP, dan IPK ini adalah kita bisa mengetahui sejauh mana kemampuan kita selama kuliah. Dengan tahu nilai-nilai tersebut, kita bisa mengatur strategi belajar yang lebih efektif lagi, dan jangan sampai membuat kita mundur dalam perkuliahan.

Sedangkan manfaatnya tentu saja adalah ketika kita sudah wisuda, maka selain mendapat gelar, kita juga sudah memahami ilmu-ilmu yang kita ambil selama kuliah. Terus, IPK itu kan dipake buat nge-apply kerja juga loh, jadi kalau kita memiliki IPK yang bagus, kita punya potensi lebih besar untuk diterima di perusahaan yang kita inginkan.

IPK

Nah, sekarang kita udah tau kan tentang SKS, IP, dan IPK-nya, terus istilah-istilah yang ada di perkuliahan ini, juga implementasi dan TAP-Karil. Semoga pengetahuan ini bisa jadi bekal bagi kita sebagai mahasiswa yang baik dan sukses ya!

Rekomendasi

Nah, sebagai rekomendasi buat kalian yang masih bingung atau butuh bacaan tentang ilmu-ilmu di perkuliahan, aku punya beberapa website yang bisa jadi bahan riset kalian. Ada website kampus yang biasa kita akses, ada pula website seperti Jurnal Ilmiah, E-Resource, atau CiteSeerX yang bisa membantu kita mencari paper ilmiah. Selamat mencari ilmu ya! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *